RSS

Post Icon

Beberapa fakta tentang musang


Musang adalah bagian dari keluarga Mustelidae spesies yang juga termasuk dalam jenis musang adalah berang-berang, moongose, skunk dan ferret. Musang bervariasi dalam warna dan ukuran tetapi mereka umumnya memiliki tubuh langsing, telinga bulat dan kaki pendek. Mamalia ini banyak ditemukan di benyak tempat di seluruh dunia seperti Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia (khususnya Indonesia) dan kawasan Afrika Utara. Musang tidak ditemukan di Australia (dan pulau sekitarnya) juga di Antartika (emang bisa hidup?).

Musang dibagi menjadi dua kategori utama - musang berekor pendek dan musang ekor panjang. Struktur dasar dari tubuh mereka adalah sama dan sangat kuat, walaupun ukuran mereka termasuk kecil. Musang dianggap pemburu ganas dan sering tidak takut menghadapi binatang yang bahkan lebih besar ukurannya. Jenis musang lain seperti Moongose bahkan dapat membunuh ular sekelas kobra. Musang diketahui dapat ditemukan di daerah dengan air yang melimpah dan menandai wilayah mereka melalui urine atau dari kelenjar dubur mereka. Musang dapat hidup sampai beberapa tahun di alam liar tapi bertahan selama 10 tahun di penangkaran. Beberapa fakta menarik tentang musang tercantum di bawah ini.

Fakta Tentang Musang
-Nama Latin untuk musang adalah mustela, mamalia kecil dengan tubuh yang kadang berbulu lebat.
-musang ini berasal dari Amerika Utara, Eropa dan Britania. Terutama di Indonesia yang lebih sering dikenal adalah musang bulan, jawa, luwak dan binturong
-Rubah dan serigala adalah musuh besar musang, karena mereka suka memburu musang
-Musang adalah makhluk homoseksual atau biseksual. Satu-satunya alasan mereka kawin dengan lawan jenis adalah untuk memastikan spesies mereka tetap hidup, bahkan jika mereka tidak menikmati perkawinan itu (ih, amit-amit).
-Musang juga dapat menghasilkan bau yang sangat menyengat ketika mereka terancam. bau ini begitu kuat sehingga dapat tercium dari jarak yang cukup.
Musang umumnya sangat berani dan ini menjelaskan mengapa mereka tidak melarikan diri ketika terancam, meskipun mereka mampu.
-Meskipun musang kecil, mereka sangat cepat. Mereka mereka dapat meloloskan diri dari predator yang akan memangsa mereka. Mereka juga pemburu yang handal, mereka dapat bergerak tanpa suara, dan mendekati mangsa mereka dengan tenang, kemudian menerkam setelah mangsa dalam jangkauan.
-Musang memiliki kemampuan untuk mengubah warna bulu mereka sesuai musim. Hal ini terbukti menjadi mekanisme pertahanan yang sangat berguna. Selama musim panas mereka memiliki mantel kecoklatan yang berubah menjadi pudar putih dengan datangnya musim dingin.
-Musang tidak hibernate karenanya keaktifannya selama musim panas maupun musim dingin. Mereka juga aktif di malam hari. Musang termasuk jenis hewan yang memiliki daya tahan tubuh yang hebat.

Fakta tentang musang ekor panjang
-musang ekor panjang jantan sekitar 13-16 cm panjangnya, lebih besar dari musang perempuan mereka yang berukuran 11-14 inci panjang.
-Seperti namanya, musang ini memiliki ekor yang sangat panjang hampir setengah ukuran tubuhnya dan kepalanya disatukan.
-musang ekor panjang umumnya ditemukan di tempat-tempat yang memiliki populasi hewan besar dan banyak air dan kebanyakan ada di derah Jawa
-Tupai, tikus, serangga adalah makanan musang ekor panjang dan kadang-kadang mereka juga makan burung, ular dan katak.
-Yang menarik sebenarnya musang ekor panjang adalah bahwa setiap mereka siap untuk menyerang atau dalam keadaan takut, mereka akan bersuara panjang.

Fakta Tentang Musang Ekor Pendek
-musang ekor pendek juga dikenal sebagai cerpelai, dan mamalia kecil dengan tubuh berbulu.
-musang ekor pendek ditemukan di wilayah tundra Arktik Eropa dan Amerika Utara.
-Musang jenis ini memiliki warna pucat pada perut mereka dibandingkan dengan bagian tubuh mereka dan ujung ekor mereka sebagian besar hitam. Bahkan ketika bulu mereka berubah putih di musim dingin.
-Musang semacam ini tumbuh sekitar 10 inci panjang dan memiliki ekor yang sekitar 3 inci panjangnya. Betina berukuran lebih kecil dari laki-laki.
-musang berekor kecil adalah pemburu yang sangat baik dan memangsa mamalia kecil lainnya seperti tikus, kelinci, dan tupai.

Fakta lain musang tidak memiliki banyak teman dan jarang sekali yang suka hidup berkelompok (kecuali berang-berang). Musang sangat suka mencari mamalia kecil dan mencari sampai kebawah semak-semak dan mengintip ke dalam lubang untuk mencari mangsanya.


Posting Lainnya :
-hachiko anjing yang setia

-jika anjing anda menderita pruritus
-great danes anjing besar dan aktif
-cara untuk melindungi perabotan rumah

-fakta tentang iguana yang perlu anda
-bagaimana memberikan obat ke kucing
-menjadi pemilik kucing yang bahagia
-hal yang perlu diingat ketika bepergian
-Gherman Shepperd yang gagah
-kadal duri seram tapi pemalu

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 komentar:

anis mengatakan...

baru2 ini bapa saya mjumpai sekor anak musang y masih kecil, gigi nya pn baru tumbuh dan msih tidak pandai mkan atau mnum, cubaan bg makanan hnya la buah y lembut dan mnum air y dsuap dgn cara mbasahkan jari dan musang itu akn mjilat. sungguh tdak tahu bagaimana utk mnjaga nye,melihat nye mnjerit stp malam sungguh mnyedihkan..harap dapat bantu saya..

Hadi Saputra mengatakan...

terima kasih atas infonya..

Scisa mengatakan...

@anis

Coba browsing lbh byk lg, bila perlu dg bhs inggris siapa tau menemukan literatur yg dicari. Aku sendiri tdk tau byk ttg musang. Atau tlp yayasan pencinta binatang atau tlp komunitas ttg binatang siapa tau bisa dpt infonya. Ayo usaha cari2 informasi, jgn menyerah :) Sukses ya :)

kopiluwak grosir mengatakan...

Musang itu sangat suka makan buah kopi, di daerah kami banyak kopi luwak

Poskan Komentar